Advertisemen
PERTANYAAN :
Bang Toyyib Aja
Assalamu 'alaikum para mu'allim dan para member PIIS-KTB yang di rahmati Allah.Moho n bimbingann ya dan Minta pencerahan nya.
Sering saya jumpai saat sholat berjama'ah , banyak ma'mum yang ketika berdiri dari ruku' menuju (i'tidal) tidak membaca "SAMI'ALLO HU LIMAN HAMIDAH" melainkan langsung membaca "ROBBANAA WALAKALHAM DU dst..."yg ingin saya tanyakan"- Apakah membaca "SAMI'ALLO HU LIMAN HAMIDAH" tetap sunnah bagi ma'mum?-ma nakah yang lebih afdhol bagi ma'mum, membaca "SAMI'ALLO HU LIMAN HAMIDAH?At au langsung "ROBBANAA LAKALHAMDU dst...?Moh on jawabannya , sekaligus kalau berkenan dengan ibarotnya.
Sebelum nya saya ucapkan syukran ktsiir...! !!
JAWABAN :
>> Mahmud Al-Martapu ra
Dalam ktb hawi imam mawardi,
وقال أبو حنيفة يختص الإمام بقول سمع الله لمن حمده والمأموم بقول ربنا ولك الحمداستدل الا برواية سمي عن أبي صالح عن أبي هريرة أن رسول الله قال : إذا قال الإمام سمع الله لمن حمده فقولوا اللهم ربنا ولك الحمد
menurut syafi'iyah ,sunnah dua dua nya membc dua dua nya,Tp yg afdholnya sami'allah liman hamidah itu di pisah dgn rabbana walakalham du,,krn alasan intiqal,
>> Masaji Antoro
Wa'alaikum salam
Bacaan SAMI'A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU menurut kitab-kita b kalangan SYAFI'IYYA H disunahkan bagi imam, makmum, muballigh ataupun orang yang sedang shalat sendirian. ..
وَيُسْتَحَ بُّ له أَنْ يَرْفَعَ يَدَيْهِ كما سَبَقَ في تَكْبِيرِ الْإِحْرَا مِ حين يَرْفَعُ رَأْسَهُ من الرُّكُوعِ بِأَنْ يَكُونَ ابْتِدَاءُ رَفْعِهِمَ ا مع ابْتِدَاءِ رَفْعِهِ قَائِلًا في ارْتِفَاعِ هِ لِلِاعْتِد َالِ سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ لِلِاتِّبَ اعِ رَوَاهُ الشَّيْخَا نِ مع خَبَرِ صَلُّوا كما رَأَيْتُمُ ونِي أُصَلِّي وَسَوَاءٌ في ذلك الْإِمَامُ وَغَيْرُهُ وَأَمَّا خَبَرُ إذَا قال سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا رَبَّنَا لَك الْحَمْدُ فَمَعْنَاه ُ قُولُوا ذلك مع ما عَلِمْتُمُ وهُ من سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ لِعِلْمِهِ مْ بِقَوْلِهِ صَلُّوا كما رَأَيْتُمُ ونِي أُصَلِّي مع قَاعِدَةِ التَّأَسِّ ي بِهِ مُطْلَقًا
“Dan disunahkan mengangkat kedua tangannya seperti saat takbiratul ihram saat ia mengangkat kepalanya dari rukuk, dalam artian awal mengangkat kedua tangannya berbarenga n dengan awal mengangkat kepalanya seraya membaca ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ berdasarka n itba’ Nabi pada hadits yang diriwayatk an oleh Bukhori Muslim ‘Shalatlah kalian sebagaiman a kalian melihat shalatku’. Ketentuan diatas sama bagi seorang imam dan lainnya (makmum, orang yang shalat sendirian) .
Sedang hadits ‘bila imam membaca ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ maka ucapkanlah oleh kalian ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU’ artinya adalah ucapkanlah ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU’ bersama dengan ucapan yang telah kalian ketahui yakni ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ sebab para sahabat telah mengetahui bacaan ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ dari shalat yang dikerjakan oleh nabi dengan kaidah taassy secara mutlak”
Asna al-Mathool ib I/158
ويجهر الامام بسمع الله لمن حمده، ويسر بربنا لك الحمد ويسر غيره بهما.نعم المبلغ يجهر بما يجهر به الامام ويسر بما يسر به كما قاله في المجموع لانه ناقل
“Dan bagi imam bacalah dengan keras bacaan ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ dan bacalah dengan pelan bacaan ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU’, sedang bagi selain imam (makmum, orang yang shalat sendirian) bacalah pelan keduanya”H anya saja bagi seorang muballigh (perantara bacaan imam) bacalah keras bacaan yang dikeraskan imam dan bacalah pelan bacaan yang dipelankan oleh imam sebagaiman a yang diterangka n dalam kitab al-majmuu’ karena kedudukann ya sebagai pemindah bacaan dari imam”.
Al-Iqnaa I/133
ثم يرفع من ركوعه قائلا سمع الله لمن حمده ويرفع يديه حذم منكبيه فإذا اعتدل قائما قال ربنا لك الحمد ملء السموات وملء الأرض ما شئت من شيء اماما كان أو مأموما أو منفردا
Kemudian bangkitlah ia dari rukukmya seraya mengucapka n ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ dan angkatlah kedua tangaanya selaras dengan kedua bahunya, kemudian saat ia telah tegak nerdiri ucapkan ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU MIL-US SAMAAWAATI WA MIL-UL ARDHI WA MIL-U MAA SYI’TA MIN SYAIIN’ baik ia seorang imam, makmum ataupun shalat sendiri”.
Iqnaa Li al-Mawardy I/39
( و ) يسن لكل مصل ( التكبير للانتقال من ركن إلى آخر....( إلا في الاعتدال ) ولو لثاني قيام الكسوف ( فيقول ) إماما كان أو منفردا أو مأموما مبلغا أو غيره ( سمع الله لمن حمده ) للاتباع أي تقبل الله منه حمده ويحصل أصل السنة بقوله من حمد الله سمعه
“Disunahka n bagi setiap orang yang shalat membaca takbir pada perpindaha n gerakan-ge rakan yang terdapat pada satu rukun shalat pada gerakan lainnya... ...Kecuali saat ia i’tidal meskipun pada saat berdiri yang kedua sewaktu shalat gerhana, maka ucapkanlah ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ baik ia seorang imam, shalat sendirian, makmum, muballigh ataupun lainnya berdasarka n itba’ pada nabi dengan hadits “semoga Allah mendengar pujian darinya”.D an kesunahan terdapatka n juga dengan membaca “MAN HAMIDAHU ALLAAHU, SAMI’AHUU’ ’.
Al-Minhaj al-Qawiim I/201
Wallaahu A'lamu Bis showaab
>> Muhammad Ahmad
وَأَمَّا خَبَرُ إذَا قال سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا رَبَّنَا لَك الْحَمْدُ فَمَعْنَاه ُ قُولُوا ذلك مع ما عَلِمْتُمُ وهُ من سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ لِعِلْمِهِ مْ بِقَوْلِهِ صَلُّوا كما رَأَيْتُمُ ونِي أُصَلِّي مع قَاعِدَةِ التَّأَسِّ ي بِهِ مُطْلَقًاS edang hadits ‘bila imam membaca ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ maka ucapkanlah oleh kalian ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU’ artinya adalah ucapkanlah ‘RABBANAA LAKA AL-HAMDU’ bersama dengan ucapan yang telah kalian ketahui yakni ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ sebab para sahabat telah mengetahui bacaan ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ dari shalat yang dikerjakan oleh nabi dengan kaidah taassy secara mutlak”
Fokus : sebab para sahabat telah mengetahui bacaan ‘SAMI’A ALLAAHU LIMAN HAMIDAHU’ dari shalat yang dikerjakan oleh nabi dengan kaidah taassy secara mutlak
la'allashs hawaab:seb ab para sahabat telah mengetahui (bacaan SAMI'ALLAA HU LIMAN HAMIDAH) dengan sabda beliau SHALLUU KAMAA RA`ATUMUUN II USHALLII (shalatlah kamu sebagaiman a kamu mengetahui aku shalat) serta kaidah TA`ASSII (menjadika n beliau sebagai uswah) secara mutlak
Wallaahu A'lam
Advertisemen