-->

Labels

BAB HAK TALAK

Advertisemen

BAB HAK TALAK
(Fasal) menjelaskan hak talak suami yang merdeka, suami yang berupa budak dan permasalahan-permasalahan yang lain.
‏( ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻓِﻲْ ﻃَﻠَﺎﻕِ ﺍﻟْﺤُﺮِّ ﻭَﺍﻟْﻌَﺒْﺪِ ﻭَﻏَﻴْﺮِ ﺫَﻟِﻚَ
Suami yang merdeka memiliki hak talak tiga kali atas istrinya walaupun istrinya berstatus budak.
‏( ﻭَﻳَﻤْﻠِﻚُ ‏) ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ‏( ﺍﻟْﺤُﺮُّ ‏) ﻋَﻠَﻰ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﻣَّﺔً ‏( ﺛَﻠَﺎﺙَ ﺗَﻄْﻠِﻴْﻘَﺎﺕٍ
Dan suami yang berstatus budak hanya memiliki hak talak dua kali atas istrinya, baik istrinya berstatus merdeka ataupun budak.
ﻭَ ‏) ﻳَﻤْﻠِﻚُ ‏( ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ‏) ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ‏( ﺗَﻄْﻠِﻴْﻘَﻴْﻦِ ‏) ﻓَﻘَﻂْ ﺣُﺮَّﺓً ﻛَﺎﻧَﺖِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔُ ﺃَﻭْ ﺃَﻣَّﺔً
Budak muba’adl, mukatab, dan budak mudabbar itu sama dengan budak yang murni.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺒَﻌَّﺾُ ﻭَﺍﻟْﻤُﻜَﺎﺗَﺐُ ﻭَﺍﻟْﻤُﺪَﺑَّﺮُ ﻛَﺎﻟْﻌَﺒْﺪِ ﺍﻟْﻘِﻦِّ
Istisna’ (Mengecualikan) Dalam Talak
Istisna’ dalam talak hukumnya sah ketika
istisna’ bersambung dengan talak yang diucapkan.
‏( ﻭَﻳَﺼِﺢُّ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕِ ﺇَﺫَﺍ ﻭَﺻَﻠَﻪُ ﺑِﻪِ ‏)
Maksudnya sang suami menyambung lafadz “mustasna (yang dikecualikan)” dengan lafadz
“mustasna minhu (yang diambil pengecualiannya) ” dengan bentuk penyambungan secara ‘urf , dengan arti kedua lafadz tersebut dianggap satu perkataan secara
‘urf .
ﺃَﻱْ ﻭَﺻَﻞَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ﻟَﻔْﻆَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﺑِﺎﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻣِﻨْﻪُ ﺍﺗِّﺼَﺎﻟًﺎ ﻋُﺮْﻓِﻴًّﺎ ﺑِﺄَﻥْ ﻳُﻌَﺪَّ ﺑِﺎﻟْﻌُﺮْﻑِ ﻛَﻠَﺎﻣًﺎ ﻭَﺍﺣِﺪًﺍ
Juga disyaratkan suami harus niat mengecualikan sebelum selesai mengucapkan kalimat talak.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﻮِﻱَ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀَ ﻗَﺒْﻞَ ﻓَﺮَﺍﻍِ ﺍﻟْﻴَﻤِﻴْﻦِ
Dan tidak cukup mengucapkan
pengecualian tanpa disertai niat untuk mengecualikan.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻜْﻔِﻲْ ﺍﻟﺘَّﻠَﻔُّﻆُ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﻧِﻴَّﺔِ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀِ
Dan juga disyaratkan yang dikecualikan (mustasna) tidak menghabiskan jumlah yang diambil pengecualiannya
(mustasna minhu).
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻋَﺪَﻡُ ﺍﺳْﺘِﻐْﺮَﺍﻕِ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻣِﻨْﻪُ
Sehingga, jika menghabiskan seperti ucapan “engkau tertalak tiga kecuali tiga”, maka pengecualian tersebut batal.
ﻓَﺈِﻥِ ﺍﺳْﺘَﻐْﺮَﻕَ ﻛَﺄَﻧْﺖِ ﻃَﺎﻟِﻖٌ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺑَﻄَﻞَ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀُ .
Ta’liq (Penggantungan) Talak
Sah menta’liq talak dengan sifat dan syarat. Seperti kata-kata “jika engkau masuk rumah, maka engkau tertalak” , maka sang istri menjadi tertalak ketika masuk rumah.
‏( ﻭَﻳَﺼِﺢُّ ﺗَﻌْﻠِﻴْﻘُﻪُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕِ ‏( ﺑِﺎﻟﺼِّﻔَﺔِ ﻭَﺍﻟﺸَّﺮْﻁِ ‏) ﻛَﺈِﻥْ ﺩَﺧَﻠْﺖِ ﺍﻟﺪَّﺍﺭَ ﻓَﺄَﻧْﺖِ ﻃَﺎﻟِﻖٌ ﻓَﺘُﻄَﻠَّﻖُ ﺇِﺫَﺍ ﺩَﺧَﻠَﺖْ
Talak tidak bisa jatuh kecuali terhadap istri.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕُ ﻟَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺯَﻭْﺟَﺔٍ
Kalau demikian, maka talak tidak bisa jatuh -terhadap seorang wanita- sebelum menikah.
ﻭَﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ‏( ﻟَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ‏)
Sehingga tidak sah mentalak wanita lain -bukan istri- dengan bentuk talak secara langsug seperti ucapan seorang laki-laki pada wanita tersebut, “aku mentalakmu.”
ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﻃَﻠَﺎﻕُ ﺍﻟْﺄَﺟْﻨَﺒِﻴَّﺔِ ﺗَﻨْﺠِﻴْﺰًﺍ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟَﻬَﺎ ﻃَﻠَّﻘْﺘُﻚِ
Dan juga tidak dengan bentuk talak yang digantungkan seperti ucapan seorang laki-laki pada wanita yang bukan istrinya, “jika aku menikah denganmu, maka engkau tertalak”, atau “jika aku menikah dengan fulanah, maka ia tertalak.”
ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻌْﻠِﻴْﻘًﺎ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟَﻬَﺎ ﺇِﻥْ ﺗَﺰَﻭَّﺟْﺘُﻚِ ﻓَﺄَﻧْﺖِ ﻃَﺎﻟِﻖٌ ﺃَﻭْ ﺇِﻥْ ﺗَﺰَﻭَّﺟْﺖُ ﻓُﻠَﺎﻧَﺔً ﻓَﻬِﻲَ ﻃَﺎﻟِﻖٌ .
Orang-Orang Yang Tidak Sah Menjatuhkan Talak
Ada empat orang yang tidak bisa menjatuhkan talak, yaitu anak kecil, orang gila, yang semakna dengan orang gila adalah orang epilepsi.
‏( ﻭَﺃَﺭْﺑَﻊٌ ﻟَﺎ ﻳَﻘَﻊُ ﻃَﻠَﺎﻗُﻬُﻢُ ﺍﻟﺼَّﺒِﻲُّ ﻭَﺍﻟْﻤَﺠْﻨُﻮْﻥُ ‏) ﻭَﻓِﻲْ ﻣَﻌْﻨَﺎﻩُ ﺍﻟْﻤُﻐْﻤَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
Orang yang tidur dan orang yang dipaksa menjatuhkan talak, maksudnya dengan tanpa alasan yang benar.
‏( ﻭَﺍﻟﻨَّﺎﺋِﻢُ ﻭَﺍﻟْﻤُﻜْﺮَﻩُ ‏) ﺃَﻱْ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺣَﻖٍّ
Sehingga, jika pemaksaan tersebut di dasari dengan alasan yang benar, maka jatuh talak.
ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺑِﺤَﻖٍّ ﻭَﻗَﻊَ
Bentuk pemaksaan dengan alasan yang benar seperti penjelasan sekelompok ulama’, adalah pemaksaan talak yang dilakukan oleh seorang qadli terhadap suami yang melakukan sumpah
ila’ setelah melewati masa ila’ .
ﻭَﺻُﻮْﺭَﺗُﻪُ ﻛَﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺟَﻤْﻊٌ ﺇِﻛْﺮَﺍﻩُ ﺍﻟْﻘَﺎﺿِﻲْ ﻟِﻠْﻤُﻮْﻟِﻲْ ﺑَﻌْﺪَ ﻣُﺪَّﺓِ ﺍﻟْﺈِﻳْﻠَﺎﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕِ
Syarat-Syarat Pemaksaan
Syarat ikrah / paksaan adalah kemampuan al mukrih (orang yang memaksa), dengan terbaca kasrah huruf ra’nya, untuk membuktikan ancamannya terhadap al mukrah (orang yang dipaksa), dengan terbaca fathah huruf ra’nya,
baik dengan mengandalkan kekuasaan atau kekuatan.
ﻭَﺷَﺮْﻁُ ﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻩِ ﻗُﺪْﺭَﺓُ ﺍﻟْﻤُﻜْﺮِﻩِ ﺑِﻜَﺴْﺮِ ﺍﻟﺮَّﺍﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﺗَﺤْﻘِﻴْﻖِ ﻣَﺎ ﻫَﺪَّﺩَ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻤُﻜْﺮَﻩَ ﺑِﻔَﺘْﺤِﻬَﺎ ﺑِﻮِﻟَﺎﻳَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺗَﻐَﻠُّﺐٍ
Lemahnya al mukrah
(orang yang dipaksa), dengan terbaca fathah huruf ra’nya, untuk melawan / menghentikan al mukrih (orang yang memaksa), dengan terbaca kasrah huruf ra’nya, baik dengan lari darinya, meminta tolong pada orang yang bisa menyelamatkannya, atau cara-cara sesamanya.
ﻭَﻋَﺠْﺰُ ﺍﻟْﻤُﻜْﺮَﻩِ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺍﻟﺮَّﺍﺀِ ﻋَﻦْ ﺩَﻓْﻊِ ﺍﻟْﻤُﻜْﺮِﻩِ ﺑِﻜَﺴْﺮِﻫَﺎ ﺑِﻬَﺮَﺏٍ ﻣِﻨْﻪُ ﺃَﻭْ ﺍﺳْﺘِﻐَﺎﺛَﺔٍ ﺑِﻤَﻦْ ﻳُﺨْﻠِﺼُﻪُ ﺃَﻭْ ﻧَﺤْﻮِ ﺫَﻟِﻚَ
Dan al mukrah (orang yang dipaksa) mempunyai dugaan bahwa sesungguhnya jika ia tidak mau melakukan apa yang dipaksakan padanya, maka al mukrih (orang yang memaksa) akan membuktikan ancamannya.
ﻭَﻇَﻨُّﻪُ ﺃَﻧَّﻪُ ﺇِﻥِ ﺍﻣْﺘَﻨَﻊَ ﻣِﻤَّﺎ ﺃُﻛْﺮِﻩَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓَﻌَﻞَ ﻣَﺎ ﺧَﻮَّﻓَﻪُ ﺑِﻪِ
Pemaksaan bisa hasil dengan ancaman pukulan keras, penjara, merusakkan harta atau sesamanya.
ﻭَﻳَﺤْﺼُﻞُ ﺍﻟْﺈِﻛْﺮَﺍﻩُ ﺑِﺎﻟﺘَّﺨْﻮِﻳْﻒِ ﺑِﻀَﺮْﺏٍ ﺷَﺪِﻳْﺪٍ ﺃَﻭْ ﺣَﺒْﺲٍ ﺃَﻭْ ﺇِﺗْﻠَﺎﻑِ ﻣَﺎﻝٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺤْﻮِ ﺫَﻟِﻚَ
Ketika dari al mukrah (orang yang dipaksa) nampak ada qarinah (petunjuk) bahwa ia melakukan dengan keinginan sendiri, dengan contoh semisal seseorang dipaksa menjatuhkan talak tiga namun kemudian dia menjatuhkan talak satu, maka talak yang ia lakukan sah / jatuh.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻇَﻬَﺮَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﻜْﺮَﻩِ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺍﻟﺮَّﺍﺀِ ﻗَﺮِﻳْﻨَﺔُ ﺇﺧْﺘِﻴَﺎﺭٍ ﺑِﺄَﻥْ ﺃُﻛْﺮِﻩَ ﺷَﺨْﺺٌ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﻠَﺎﻕِ ﺛَﻠَﺎﺙٍ ﻓَﻄَﻠَّﻖَ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﻭَﻗَﻊَ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕُ
Ketika ada orang mukallaf menggantungkan talak dengan sifat dan sifat tersebut baru wujud ketika orang tersebut tidak dalam keadaan mukallaf, maka sesungguhnya talak yang dita’liq dengan sifat tersebut menjadi jatuh.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺻَﺪَﺭَ ﺗَﻌْﻠِﻴْﻖُ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕِ ﺑِﺼِﻔَﺔٍ ﻣِﻦْ ﻣُﻜَﻠَّﻒٍ ﻭَﻭُﺟِﺪَﺕْ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﺼِّﻔَﺔُ ﻓِﻲْ ﻏَﻴْﺮِ ﺗَﻜْﻠِﻴْﻒٍ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻄَّﻠَﺎﻕَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻠَّﻖَ ﺑِﻬَﺎ ﻳَﻘَﻊُ
Orang yang sedang mabuk ketika menjatuhkan talak, maka talaknya sah seperti penjelasan di depan.
ﻭَﺍﻟﺴَّﻜْﺮَﺍﻥُ ﻳَﻨْﻔُﺬُ ﻃَﻠَﺎﻗُﻪُ ﻛَﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Tanya Jawab Islam - All Rights Reserved - Template By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger