BAB HARTA FAI’
(Fasal) menjelaskan pembagian harta fai’ kepada orang-orang yang berhak.
( ﻓَﺼْﻞٌ ) ﻓِﻲْ ﻗِﺴْﻢِ ﺍﻟْﻔَﻴْﺊِ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﺴْﺘَﺤِﻘِّﻴْﻪِ
Fai’ secara bahasa diambil dari kata “fa’a idza raja’a” (kembali ketika ia kembali).
ﻭَﺍﻟْﻔَﻴْﺊُ ﻟُﻐَﺔً ﻣَﺄْﺧُﻮْﺫٌ ﻣِﻦْ ﻓَﺎﺀَ ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺟَﻊَ
Kemudian digunakan untuk menunjukkan arti harta yang kembali dari orang-orang kafir kepada kaum muslimin.
ﺛُﻢَّ ﺍﺳْﺘُﻌْﻤِﻞَ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ ﺍﻟﺮَّﺍﺟِﻊِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻜُﻔَّﺎﺭِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ
Dan secara syara’ adalah harta yang dihasilkan dari orang-orang kafir tanpa peperangan, dan tanpa mengerahkan kuda dan onta seperti harta jizyah dan sepersepuluh harta dagangan.
ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﻫُﻮَ ﻣَﺎﻝٌ ﺣَﺼَﻞَ ﻣِﻦْ ﻛُﻔَّﺎﺭٍ ﺑِﻠَﺎ ﻗِﺘَﺎﻝٍ ﻭَﻟَﺎ ﺇِﻳْﺠَﺎﻑِ ﺧَﻴْﻞٍ ﻭَﻟَﺎ ﺇِﺑِﻞٍ ﻛَﺎﻟْﺠِﺰْﻳﺔ ﻭَﻋُﺸُﺮِ ﺍﻟﺘِّﺠَﺎﺭَﺓِ
Pembagian Harta Fai’
Harta fai’ dibagikan kepada lima kelompok / golongan.
( ﻭَﻳُﻘْﺴَﻢُ ﻣَﺎﻝُ ﺍﻟْﻔَﻴْﺊِ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻤْﺲِ ﻓِﺮَﻕٍ
Seperlimanya, yang dikehendaki mushannif adalah seperlima fai’ di berikan / ditasharrufkan kepada orang, maksudnya lima golongan yang diberi seperlima ghanimah. Lima golongan tersebut baru saja telah dijelaskan.
ﻳُﺼْﺮَﻑُ ﺧُﻤُﺴُﻪُ ) ﻳَﻌْﻨِﻲْ ﺍﻟْﻔَﻴْﺊَ ( ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺨَﻤْﺴَﺔِ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ( ﻳُﺼْﺮَﻑُ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﺧُﻤُﺲُ ﺍﻟْﻐَﻨِﻴْﻤَﺔِ ) ﻭَﺳَﺒَﻖَ ﻗَﺮِﻳْﺒًﺎ ﺑَﻴَﺎﻥُ ﺍﻟْﺨَﻤْﺴَﺔِ .
Empat seperlimanya
fai’ diberikan kepada golongan muqatilah (tentara).
( ﻭَﻳُﻌْﻄَﻰ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺃَﺧْﻤَﺎﺳِﻬَﺎ ) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﺃَﺧْﻤَﺎﺳُﻪُ ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻔَﻴْﺊِ ( ﻟِﻠْﻤُﻘَﺎﺗِﻠَﺔِ )
Mereka adalah prajurit yang telah ditentukan oleh imam untuk berjihad, dan nama-namanya telah dicantumkan di dalam buku besar negara setelah mereka memenuhi kriteria islam, mukallaf, merdeka dan sehat.
ﻭَﻫُﻢُ ﺍﻟْﺄَﺟْﻨَﺎﺩُ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﻋَﻴَّﻨَﻬُﻢُ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻟِﻠْﺠِﻬَﺎﺩِ ﻭَﺃَﺛْﺒَﺖَ ﺃَﺳْﻤَﺎﺀَﻫُﻢْ ﻓِﻲْ ﺩِﻳْﻮَﺍﻥِ ﺍﻟْﻤُﺮْﺗَﺰِﻗَﺔِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﺗِّﺼَﺎﻓِﻬِﻢْ ﺑِﺎﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡِ ﻭَﺍﻟﺘَّﻜْﻠِﻴْﻒِ ﻭَﺍﻟْﺤُﺮِّﻳَّﺔِ ﻭَﺍﻟﺼِّﺤَّﺔِ
Imam membagikan empat seperlima tersebut pada mereka sesuai dengan kadar kebutuhannya.
ﻓَﻴُﻔَﺮِّﻕُ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢُ ﺍﻟْﺄَﺧْﻤَﺎﺱَ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔَ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺪْﺭِ ﺣَﺎﺟَﺎﺗِﻬِﻢْ
Sehingga imam meneliti setiap keadaan dari tentara dan keluarga yang wajib ia nafkahi serta apa yang menjadi kecukupan mereka.
ﻓَﻴَﺒْﺤَﺚُ ﻋَﻦْ ﻛُﻞِّ ﺣَﺎﻝٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﻘَﺎﺗَﻠَﺔِ ﻭَﻋَﻦْ ﻋِﻴَﺎﻟِﻪِ ﺍﻟﻠَّﺎﺯِﻣَﺔِ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻬُﻢْ ﻭَﻣَﺎ ﻳَﻜْﻔِﻴْﻬِﻢْ
Maka imam memberikan kebutuhan yang mencukupi mereka berupa nafkah, pakaian, dan yang lainnya.
ﻓَﻴُﻌْﻄِﻴْﻪِ ﻛِﻔَﺎﻳَﺘَﻬُﻢْ ﻣِﻦْ ﻧَﻔَﻘَﺔٍ ﻭَﻛِﺴْﻮَﺓٍ ﻭَﻏَﻴْﺮِ ﺫَﻟِﻚَ
Dalam ukuran kebutuhan, imam juga harus memperhatikan waktu, tempat, saat harga kebutuhan murah dan saat mahal.
ﻭَﻳُﺮَﺍﻋِﻲْ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺤَﺎﺟَﺔِ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟْﻤَﻜَﺎﻥَ ﻭَﺍﻟﺮَّﺧْﺺَ ﻭَﺍﻟْﻐِﻠَﺎﺀَ
Dengan ungkapan, “dan ditasharrufkan untuk kemaslahatan kaum muslimin”, mushannif memberi isyarah bahwa sesungguhnya bagi seorang imam diperkenankan mentasharrufkan lebihan dari kebutuhan pasukan untuk kemaslahatan kaum muslimin baik berupa memperbaiki benteng, ats tsughur , membeli senjata, dan kuda menurut pendapat ash shahih.
ﻭَﺃَﺷَﺎﺭَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﻘَﻮْﻟِﻪِ ( ﻭَﻓِﻲْ ﻣَﺼَﺎﻟِﺢِ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ) ﺇِﻟَﻰ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﺈِﻣَﺎﻡِ ﺃَﻥْ ﻳَﺼْﺮِﻑَ ﺍﻟْﻔَﺎﺿِﻞَ ﻋَﻦْ ﺣَﺎﺟَﺔِ ﺍﻟْﻤُﺮْﺗَﺰِﻗَﺔِ ﻓِﻲْ ﻣَﺼَﺎﻟِﺢِ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻣِﻦْ ﺇِﺻْﻠَﺎﺡِ ﺍﻟْﺤُﺼُﻮْﻥِ ﻭَﺍﻟﺜُّﻐُﻮْﺭِ ﻭَﻣِﻦْ ﺷِﺮَﺍﺀِ ﺳِﻠَﺎﺡٍ ﻭَﺧَﻴْﻞٍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢِ
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
BAB HARTA FAI’
Advertisemen
Advertisemen