-->

Labels

BAB NAFAQAH

Advertisemen

BAB NAFAQAH
(Fasal) menjelaskan hukum-hukum nafkah kerabat.
‏( ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ﻧَﻔَﻘَﺔِ ﺍﻟْﺄَﻗَﺎﺭِﺏِ
Di dalam sebagian redaksi matan fasal ini diakhirkan dari fasal setelahnya.
ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﻧُﺴَﺦِ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ ﺗَﺄْﺧِﻴْﺮُ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞِ ﻋَﻦِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺑَﻌْﺪَﻩُ
Lafadz “an nafaqah” itu diambil dari lafadz “al infaq”, dan artinya adalah mengeluarkan. Lafadz “infaq” tidak digunakan kecuali di dalam kebaikan.
ﻭَﺍﻟﻨَّﻔَﻘَﺔُ ﻣَﺄْﺧُﻮْﺫَﺓٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺈِﻧْﻔَﺎﻕِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟْﺈِﺧْﺮَﺍﺝُ ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺴْﺘَﻌْﻤَﻞُ ﺇِﻟَّﺎ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ
Sebab-Sebab Nafaqah
Nafaqah memiliki tiga sebab, kerabat, milku yamin , dan ikatan suami istri.
ﻭَﻟِﻠﻨَّﻔَﻘَﺔِ ﺃَﺳْﺒَﺎﺏٌ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٌ ﺍﻟْﻘَﺮَﺍﺑَﺔُ ﻭَﻣِﻠْﻚُ ﺍﻟْﻴَﻤِﻴْﻦِ ﻭَﺍﻟﺰَّﻭْﺟِﻴَّﺔُ
Mushannif menjelaskan sebab yang pertama di dalam perkataan beliau,
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺍﻟﺴَّﺒَﺐَ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝَ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ
Nafkah Orang Tua dan Anak
Nafaqah orang tua dan anak dari jalur keluarga wajib diberikan pada para anak dan orang tua.
‏( ﻭَﻧَﻔَﻘَﺔُ ﺍﻟْﻌَﻤُﻮْﺩَﻳْﻦِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﻫْﻞِ ﻭَﺍﺟِﺒَﺔٌ ﻟِﻠْﻮَﺍﻟِﺪِﻳْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮْﺩِﻳْﻦَ ‏)
Maksudnya nafaqah orang tua yang laki-laki atau perempuan, satu agama atau berbeda agama wajib diberikan oleh anak-anaknya.
ﺃَﻱْ ﺫُﻛُﻮْﺭًﺍ ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﺃَﻭْ ﺇِﻧَﺎﺛًﺎ ﺍِﺗَّﻔَﻘُﻮْﺍ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﺃَﻭِﺍﺧْﺘَﻠَﻔُﻮْﺍ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَﺍﺟِﺒَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩِﻫِﻢْ .
Adapun para orang tua walaupun hingga ke atas, maka wajib diberi nafaqah dengan dua syarat.
‏( ﻓَﺄَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪُﻭْﻥَ ‏) ﻭَﺇِﻥْ ﻋَﻠَﻮْﺍ ‏( ﻓَﺘَﺠِﺐُ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻬُﻢْ ﺑِﺸَﺮْﻃَﻴْﻦِ
Mereka faqir, yaitu tidak memiliki harta atau tidak mampu bekerja dan lumpu, atau faqir dan gila.
ﺍﻟْﻔَﻘْﺮِ ‏) ﻟَﻬُﻢْ ﻭَﻫُﻮَ ﻋَﺪَﻡُ ﻗُﺪْﺭَﺗِﻬِﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎﻝٍ ﺃَﻭْ ﻛَﺴْﺐٍ ‏( ﻭَﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻧَﺔِ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻔَﻘْﺮِ ﻭَ ﺍﻟْﺠُﻨُﻮْﻥِ ‏)
Az zamanah adalah bentuk kalimat masdar dari rangkaian “zamuna ar rajulu zamanatan (lelaki yang benar-benar lumpuh) ketika ia memiliki penyakit”.
ﻭَ ﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻧَﺔُ ﻫِﻲَ ﻣَﺼْﺪَﺭٌ ﺯَﻣُﻦَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺯَﻣَﺎﻧَﺔً ﺇِﺫَﺍ ﺣَﺼُﻞَ ﻟَﻪُ ﺁﻓَﺔٌ
Sehingga, jika mereka memiliki harta atau mampu bekerja, maka tidak wajib diberi nafaqah.
ﻓَﺈِﻥْ ﻗَﺪَﺭُﻭْﺍ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎﻝٍ ﺃَﻭْ ﻛَﺴْﺐٍ ﻟَﻢْ ﺗَﺠِﺐْ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻬُﻢْ
Adapun para anak walaupun hingga ke bawah, maka nafaqah mereka diwajibkan kepada para orang tua dengan tiga syarat :
‏( ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮْﺩُﻭْﻥَ ‏) ﻭَﺇِﻥْ ﺳَﻔَﻠُﻮْﺍ ‏( ﻓَﺘَﺠِﺐُ ﻧَﻔَﻘُﺘُﻬُﻢْ ‏) ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪِﻳْﻦَ ‏( ﺑِﺜَﻠَﺎﺛَﺔِ ﺷَﺮَﺍﺋِﻂَ ‏)
Salah satunya adalah fakir dan masih kecil. Sehingga anak yang kaya dan sudah besar, maka tidak wajib diberi nafaqah.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ‏( ﺍﻟْﻔَﻘْﺮُ ﻭَﺍﻟﺼِّﻐَﺮُ ‏) ﻓَﺎﻟْﻐَﻨِﻲُّ ﺍﻟْﻜَﺒِﻴْﺮُ ﻟَﺎ ﺗَﺠِﺐُ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻪُ
Atau faqir dan lumpuh. Sehingga anak yang kaya dan kuat, maka tidak wajib diberi nafaqah.
‏( ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻔَﻘْﺮُ ﻭَﺍﻟﺰُّﻣَﺎﻧَﺔُ ‏) ﻓَﺎﻟْﻐَﻨِﻲُّ ﺍﻟْﻘَﻮِﻱُّ ﻟَﺎ ﺗَﺠِﺐُ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻪُ
Atau faqir dan gila. Sehingga anak yang kaya dan mempunyai akal, maka tidak wajib diberi nafaqah.
‏( ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻔَﻘْﺮُ ﻭَﺍﻟْﺠُﻨُﻮْﻥُ ‏) ﻓَﺎﻟْﻐَﻨِﻲُّ ﺍﻟْﻌَﺎﻗِﻞُ ﻟَﺎ ﺗَﺠِﺐُ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻪُ
Nafkah Budak dan Binatang Ternak
Mushannif menyebutkan sebab yang kedua di dalam perkataan beliau, “memberi nafaqah kepada budak dan binatang ternak hukumnya wajib.”
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺍﻟﺴَّﺒَﺐَ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲَ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ‏( ﻭَﻧَﻔَﻘَﺔُ ﺍﻟﺮَّﻗِﻴْﻖِ ﻭَﺍﻟْﺒَﻬَﺎﺋِﻢِ ﻭَﺍﺟِﺒَﺔٌ ‏)
Sehingga, barang siapa memiliki budak, baik budak laki-laki, perempuan, mudabbar, ummu walad atau memiliki binatang ternak, maka wajib baginya untuk memberi nafaqah pada mereka.
ﻓَﻤَﻦْ ﻣَﻠِﻚَ ﺭَﻗِﻴْﻘًﺎ ﻋَﺒْﺪًﺍ ﺃَﻭْ ﺃَﻣَّﺔً ﺃَﻭْ ﻣُﺪَﺑَّﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﺃُﻡِّ ﻭَﻟَﺪٍ ﺃَﻭْ ﺑَﻬِﻴْﻤَﺔً ﻭَﺟَﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻧَﻔَﻘَﺘُﻪُ
Sehingga wajib baginya memberi makan budaknya dengan makanan pokok penduduk setempat dan lauk pauk yang biasa mereka konsumsi dengan kadar kecukupan. Dan wajib memberi pakaian sesuai dengan pakaian penduduk daerah setempat.
ﻓَﻴُﻄْﻌِﻢُ ﺭَﻗِﻴْﻘَﻪُ ﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﻗُﻮْﺕِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﻭَﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﺃُﺩُﻣِﻬِﻢْ ﺑِﻘَﺪْﺭِ ﺍﻟْﻜِﻔَﺎﻳَﺔِ ﻭَﻳَﻜْﺴُﻮْﻩُ ﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﻛِﺴْﻮَﺗِﻬِﻢْ
Di dalam memberi pakaian terhadap budak, tidak cukup memberi pakaian yang hanya menutupi aurat saja.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻜْﻔِﻲْ ﻓِﻲْ ﻛِﺴْﻮَﺓِ ﺭَﻗِﻴْﻘِﻪِ ﺳَﺘْﺮُ ﺍﻟْﻌَﻮْﺭَﺓِ ﻓَﻘَﻂْ
Budak dan binatang ternak tidak boleh dipaksa melakukan pekerjaan yang tidak mampu mereka lakukan.
‏( ﻭَﻟَﺎ ﻳُﻜَﻠَّﻔُﻮْﻥَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ ﻣَﺎ ﻟَﺎ
ﻳُﻄِﻴْﻘُﻮْﻥَ ‏)
Ketika majikan mempekerjakan budaknya di siang hari, maka wajib mengistirahatkan di malam hari. Dan ketika musim kemarau, wajib mengistirahatkan di waktu qailulah (tengah hari).
ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺍﺳْﺘَﻌْﻤَﻞَ ﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻚُ ﺭَﻗِﻴْﻘَﻪُ ﻧَﻬَﺎﺭًﺍ ﺃَﺭَﺍﺣَﻪُ ﻟَﻴْﻠًﺎ ﻭَﻋَﻜْﺴَﻪُ ﻭَﻳُﺮِﻳْﺤُﻪُ ﺻَﻴْﻔًﺎ ﻭَﻗْﺖَ ﺍﻟْﻘَﻴْﻠُﻮْﻟَﺔِ
Majikan juga tidak boleh memaksa binatang ternaknya memuat barang yang tidak mampu dimuat oleh binatang tersebut.
ﻭَﻟَﺎ ﻳُﻜَﻠِّﻒُ ﺩَﺍﺑَّﺘَﻪُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻣَﺎ ﻟَﺎ ﺗُﻄِﻴْﻖُ ﺣَﻤْﻠَﻪُ
Nafkah Istri
Mushannif menyebutkan sebab yang ketiga di dalam perkataan beliau,
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺍﻟﺴَّﺒَﺐَ ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚَ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ .
Nafaqah untuk seorang istri yang telah memasrahkan dirinya hukumnya wajib bagi seorang suami.
‏( ﻭَﻧَﻔَﻘَﺔُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺍﻟْﻤُﻤَﻜِّﻨَﺔِ ﻣِﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻬَﺎ ﻭَﺍﺟِﺒَﺔٌ ‏) ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ
Karena nafaqah untuk istri itu berbeda-beda sesuai dengan keadaan sang suami, maka mushannif menjelaskannya di dalam perkataan beliau,
ﻭَﻟَﻤَﺎ ﺍﺧْﺘَﻠَﻔَﺖْ ﻧَﻔَﻘَﺔُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺑِﺤَﺴَﺐِ ﺣَﺎﻝِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺑَﻴَّﻦَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓِﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ
Nafaqah untuk istri itu dikira-kirakan. Sehingga, jika sang suami adalah orang kaya, kayanya sang suami dipertimbangkan saat terbitnya fajar setiap hari, maka wajib memberikan nafaqah bahan makanan sebanyak dua mud yang wajib ia berikan setiap hari hingga malam harinya kepada istrinya, baik beragama islam atau kafir dzimmi, merdeka ataupun budak.
‏( ﻭَﻫِﻲَ ﻣُﻘَﺪَّﺭَﺓٌ ﻓَﺈِﻥْ ‏) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﺇِﻥْ ‏( ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ﻣُﻮْﺳِﺮًﺍ ‏) ﻭَﻳُﻌْﺘَﺒَﺮُ ﻳَﺴَﺎﺭُﻩُ ﺑِﻄُﻠُﻮْﻉِ ﻓَﺠْﺮِ ﻛُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ‏( ﻓَﻤُﺪَّﺍﻥِ ‏) ﻣِﻦْ ﻃَﻌَﺎﻡٍ ﻭَﺍﺟِﺒَﺎﻥِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻛُﻞَّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻣَﻊَ ﻟَﻴْﻠَﺘِﻪِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮَﺓِ ﻋَﻨْﻪُ ﻟِﺰَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﻣُﺴْﻠِﻤَﺔً ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﻭْ ﺫِﻣِّﻴَّﺔً ﺣُﺮَّﺓً ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﻭْ ﺭَﻗِﻴْﻘَﺔً
Dua mud tersebut diambilkan dari makanan pokok sang istri.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺪَّﺍﻥِ ‏( ﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﻗُﻮْﺗِﻬَﺎ ‏)
Yang dikehendaki adalah makanan pokok daerah setempat, baik gandum putih, gandum merah, atau selainnya hingga susu kental bagi penduduk pedalaman yang menjadikannya sebagai makanan pokok.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﻏَﺎﻟِﺐُ ﻗُﻮْﺕِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﻣِﻦْ ﺣِﻨْﻄَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺷَﻌِﻴْﺮٍ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻫِﻤَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﺍﻟْﺄَﻗِﻂِّ ﻓِﻲْ ﺃَﻫْﻞِ ﺑَﺎﺩِﻳَّﺔٍ ﻳَﻘْﺘَﺎﺗُﻮْﻧَﻪُ .
Dan wajib memberikan lauk pauk dan pakainya yang biasa terlaku kepada sang istri.
‏( ﻭَﻳَﺠِﺐُ ‏) ﻟِﻠﺰَّﻭْﺟَﺔِ ‏( ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡِ ﻭَﺍﻟْﻜِﺴْﻮَﺓِ ﻣَﺎ ﺟَﺮَﺕْ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻌَﺎﺩَﺓُ ‏) ﻓِﻲْ ﻛُﻞٍّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ
Sehingga, jika daerah setempat biasa memakai lauk pauk dengan miyak zait, miyak wijen, mentega dan sesamanya, maka kebiasaan tersebut diikuti.
ﻓَﺈِﻥْ ﺟَﺮَﺕْ ﻋَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡِ ﺑِﺰِﻳْﺖٍ ﻭَﺷَﻴْﺮَﺝٍ ﻭَﺟُﺒْﻦٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻫَﺎ ﺍُﺗُّﺒِﻌَﺖِ ﺍﻟْﻌَﺎﺩَﺓُ ﻓِﻲْ ﺫَﻟِﻚَ
Jika di daerah setempat tidak ada lauk pauk yang dominan, maka wajib memberikan lauk pauk yang layak dengan keadaan sang suami.
ﻭَﺇِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻜُﻦْ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﺃُﺩُﻡٌ ﻏَﺎﻟِﺐٌ ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﺍﻟﻠَّﺎﺋِﻖُ ﺑِﺤَﺎﻝِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ
Lauk pauk berbeda-beda dengan berbeda-bedanya musim.
ﻭَﻳَﺨْﺘَﻠِﻒُ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡُ ﺑِﺎﺧْﺘِﻠَﺎﻑِ ﺍﻟْﻔُﺼُﻮْﻝِ
Sehingga di setiap musim wajib memberikan lauk pauk yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat pasa saat itu.
ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﻓِﻲْ ﻛُﻞِّ ﻓَﺼْﻞٍ ﻣَﺎ ﺟَﺮَﺕْ ﺑِﻪِ ﻋَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻓِﻴْﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡِ
Istri juga wajib diberi daging yang sesuai dengan keadaan suaminya.
ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻟِﻠﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻟَﺤْﻢٌ ﻳَﻠِﻴْﻖُ ﺑِﺤَﺎﻝِ ﺯَﻭْﺟِﻬَﺎ
Jika kebiasaan daerah setempat dalam urusan pakaian bagi orang sekelas sang suami adalah dengan bahan katun atau sutra, maka wajib untuk memberikan pakaian dengan bahan tersebut pada sang istri.
ﻭَﺇِﻥْ ﺟَﺮَﺕْ ﻋَﺎﺩَﺓُ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻜِﺴْﻮَﺓِ ﻟِﻤِﺜْﻞِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺑِﻜَﺘَّﺎﻥٍ ﺃَﻭْ ﺣَﺮِﻳْﺮٍ ﻭَﺟَﺐَ
Jika sang suami adalah orang miskin, ukuran miskinnya dipertimbangkan saat terbitnya fajar setiap harinya, maka wajib memberikan makanan satu mud.
‏( ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ‏) ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ‏( ﻣُﻌْﺴِﺮًﺍ ‏) ﻭَﻳُﻌْﺘَﺒَﺮُ ﺇِﻋْﺴَﺎﺭُﻩُ ﺑِﻄُﻠُﻮْﻉِ ﻓَﺠْﺮِ ﻛُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ‏( ﻓَﻤُﺪٌّ ‏)
Maksudnya wajib bagi suami memberikan makanan satu mud dari makanan pokok yang dominan di daerah setempat kepada istrinya setiap hari hingga malam harinya.
ﺃَﻱْ ﻓَﺎﻟْﻮَﺍﺟِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻟِﺰَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﻣُﺪُّ ﻃَﻌَﺎﻡٍ ‏( ﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﻗُﻮْﺕِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ‏) ﻛُﻞَّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻣَﻊَ ﻟَﻴْﻠَﺘِﻪِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮَﺓِ ﻋَﻨْﻪُ
Dan memberikan lauk pauk yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang miskin daerah setempat.
‏( ﻭَﻣَﺎ ﻳَﺘَﺄَﺩَّﻡُ ﺍﻟْﻤُﻌْﺴِﺮُﻭْﻥَ ‏) ﻣِﻤَّﺎ ﺟَﺮَﺕْ ﺑِﻪِ ﻋَﺎﺩَﺗُﻬُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡِ
Dan memberikan pakaian yang biasa digunakan oleh mereka.
‏( ﻭَﻳَﻜْﺴُﻮْﻧَﻪُ ‏) ﻣِﻤَّﺎ ﺟَﺮَﺕْ ﺑِﻪِ ﻋَﺎﺩَﺗُﻬُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻜِﺴْﻮَﺓِ
Jika sang suami adalah orang yang tengah-tengah, dan ukuran tengah-tengahnya ini dipertimbangkan saat terbitnya fajar setiap harinya hingga malam harinya, maka wajib satu mud setengah, maksudnya wajib bagi sang suami memberikan satu mud setengah dari bahan makanan pokok yang dominan daerah setempat.
‏( ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ‏) ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ‏( ﻣُﺘَﻮَﺳِّﻄًﺎ ‏) ﻭَﻳُﻌْﺘَﺒَﺮُ ﺗَﻮَﺳُّﻄُﻪُ ﺑِﻄُﻠُﻮْﻉِ ﻓَﺠْﺮِ ﻛُﻞِّ ﻳَﻮْﻡٍ ﻣَﻊَ ﻟَﻴْﻠَﺘِﻪِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮَﺓ ِﻋَﻨْﻪُ ‏( ﻓَﻤُﺪٌّ ‏) ﺃَﻱْ ﻓَﺎﻟْﻮَﺍﺟِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻟِﺰَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﻣُﺪٌّ ‏( ﻭَﻧِﺼْﻒٌ ‏) ﻣِﻦْ ﻃَﻌَﺎﻡٍ ﻣِﻦْ ﻏَﺎﻟِﺐِ ﻗُﻮْﺕِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ
Dan wajib memberikan lauk pauk dan pakaian yang tengah-tengah pada sang istri.
‏( ﻭَ ‏) ﻳَﺠِﺐُ ﻟَﻬَﺎ ‏( ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﺩُﻡ (ِ ﺍﻟْﻮَﺳَﻂُ ‏( ﻭَ ‏) ﻣِﻦَ ‏( ﺍﻟْﻜِﺴْﻮَﺓِ ﺍﻟْﻮَﺳَﻂُ ‏)
Yang dimaksud dengan tengah-tengah adalah sesuatu yang berada di antara sesuatu yang wajib bagi suami yang kaya dan yang wajib bagi suami yang miskin.
ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻦَ ﻣَﺎ ﻳَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﻮْﺳِﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤُﻌْﺴِﺮِ
Bagi sang suami wajib memberikan milik berupa bahan makanan biji-bijian kepada sang istri.
ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺗَﻤْﻠِﻴْﻚُ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻪِ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡِ ﺣَﺒًّﺎ
Dan bagi sang suami wajib untuk menggiling dan membuat roti bahan makanan tersebut.
ﻭَﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻃَﺤْﻨُﻪُ ﻭَﺧَﺒْﺰُﻩُ
Sang istri berhak diberi alat makan, minum dan memasak.
ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻟَﻬَﺎ ﺁﻟَﺔُ ﺃَﻛْﻞٍ ﻭَﺷُﺮْﺏٍ ﻭَﻃَﺒْﺢٍ
Sang istri juga berhak mendapatkan tempat tinggal yang layak baginya secara adat.
ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻟَﻬَﺎ ﻣَﺴْﻜَﻦٌ ﻳَﻠِﻴْﻖُ ﺑِﻬَﺎ ﻋَﺎﺩَﺓً
Jika sang istri termasuk orang-orang yang biasa dilayani, maka bagi suami wajib mencari pembantu untuk sang istri.
‏( ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻣِﻤَّﻦْ ﻳُﺨْﺪَﻡُ ﻣِﺜْﻠُﻬَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ‏( ﺇِﺧْﺪَﺍﻣُﻬَﺎ ‏)
Baik pembantu wanita merdeka, budak perempuannya, budak perempuan sewaan, atau dengan memberi nafkah kepada wanita yang menemani istrinya baik wanita merdeka atau budak karena untuk melayani sang istri, jika memang sang suami rela dengan wanita tersebut.
ﺑِﺤُﺮَّﺓٍ ﺃَﻭْ ﺃَﻣَّﺔٍ ﻟَﻪُ ﺃَﻭْ ﺃَﻣَّﺔٍ ﻣُﺴْﺘَﺄْﺟَﺮَﺓٍ ﺃَﻭْ ﺑِﺎﻟْﺈِﻧْﻔَﺎﻕِ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ﺻَﺤِﺐَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔَ ﻣِﻦْ ﺣُﺮَّﺓٍ ﺃَﻭْ ﺃَﻣَّﺔٍ ﻟِﺨِﺪْﻣَﺔٍ ﺇِﻥْ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ﺑِﻬَﺎ .
Jika Suami Gak Mampu Menafkahi
Jika sang suami tidak mampu memberi nafkah sang istri, maksudnya nafkah di hari-hari yang akan datang, maka bagi sang istri diperkenankan bersabar atas ketidakmampuan sang suami dan menafkahi dirinya sendiri dari hartanya sendiri, atau dari hutang dan apa yang ia nafkahkan itu menjadi tanggungan hutang sang suami.
‏( ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﻋْﺴَﺮَ ﺑِﻨَﻔَﻘَﺘِﻬَﺎ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻘْﺒَﻠَﺔِ ‏( ﻓَﻠَﻬَﺎ ‏) ﺍﻟﺼَّﺒْﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﻋْﺴَﺎﺭِﻩِ ﻭَﺗُﻨْﻔِﻖُ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﺗَﻘْﺘَﺮِﺽُ ﻭَﻳَﺼِﻴْﺮُ ﻣَﺎ ﺃَﻧْﻔَﻘَﺘْﻪُ ﺩَﻳْﻨًﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
Dan dia juga diperkenankan merusak nikah.
ﻭَﻟَﻬَﺎ ‏( ﻓَﺴْﺦُ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ‏)
Ketika sang istri merusak nikah, maka terjadilah perceraian. Dan ini adalah perceraian sebab merusak nikah, bukan perceraian sebab talak.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻓَﺴَﺨَﺖْ ﺣَﺼَﻠَﺖِ ﺍﻟْﻤُﻔَﺎﺭَﻗَﺔُ ﻭَﻫِﻲَ ﻓُﺮْﻗَﺔُ ﻓَﺴْﺦٍ ﻟَﺎ ﻓُﺮْﻗَﺔُ ﻃَﻠَﺎﻕٍ
Sedangkan masalah nafkah hari-hari yang sudah lewat, maka tidak ada hak bagi sang istri untuk merusak nikah sebab sang suami tidak mampu memberikannya.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟﻨَّﻔَﻘَﺔُ ﺍﻟْﻤَﺎﺿِﻴَﺔُ ﻓَﻠَﺎ ﻓَﺴْﺦَ ﻟِﻠﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺑِﺴَﺒَﺒِﻬَﺎ
Begitu juga bagi sang istri berhak merusak nikah jika suaminya tidak mampu memberikan mas kawin sebelum berhubungan intim.
‏( ﻭَﻛَﺬَﻟِﻚَ ‏) ﻟِﻠﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﻓَﺴْﺦُ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ‏( ﺇِﻥْ ﺃَﻋْﺴَﺮَ ‏) ﺯَﻭْﺟُﻬَﺎ ‏( ﺑِﺎﻟﺼَّﺪَﺍﻕِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ‏) ﺑِﻬَﺎ
Baik sebelum akad sang istri sudah tahu bahwa sang suami tidak mampu memberikannya ataupun tidak.
ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﻋَﻠِﻤَﺖْ ﻳَﺴَﺎﺭَﻩُ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻌَﻘْﺪِ ﺃَﻡْ ﻻَ
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Tanya Jawab Islam - All Rights Reserved - Template By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger