Advertisemen
PERTANYAAN :
Cindy CahGanjen II
Assalamu'a laikum wr.wb
ada pertanyaan titipan..
1.apa hukum'y qodlo shalat eid..?!
2.gmna hukum'y mengaqiqah i bayi kluron(bay i yng lhir sblum waktu'y).. ?!
Atas jwban'y sya ucapkan terimakasi h..
JAWABAN :
>> Hakam Ahmed ElChudrie
( وَلَا يُكَبِّرُ فِي قَضَاءِ صَلَاةِ الْعِيدِ ) ؛ لِأَنَّ التَّكْبِي رَ شِعَارٌ لِلْوَقْتِ وَقَدْ فَاتَ ذَكَرَهُ فِي الْكِفَايَ ةِ عَنْ الْعِجْلِي ّ وَيُؤْخَذُ مِنْ تَعْلِيلِه ِ أَنَّهُ يُكَبِّرُ فِي الْمَقْضِي َّةِ فِي الْوَقْتِ بَلْ كَلَامُ الْمَجْمُو عِ يَقْتَضِي أَنَّهُ يُكَبِّرُ مُطْلَقًا فَيُخَالِف ُ مَا ذُكِرَاسنى المطالب ج 4 ص 103
وَأَمَّا كَوْنُ آخِرِ وَقْتِهَا الزَّوَالَ فَمُتَّفَق ٌ عَلَيْهِ ، لَكِنْ لَوْ وَقَعَتْ بَعْدَهُ حُسِبَتْ
( قَوْلُهُ : لَكِنْ لَوْ وَقَعَتْ بَعْدَهُ حُسِبَتْ ) أَيْ اُعْتُدَّ بِهَا وَكَانَتْ قَضَاءًنها ية المحتاج ج 7 ص 352
adapun adanya akhir waktu bagi shalat ied pada saat zawal adalah sudah menjadi kesepakata n, namun jika shalat ied ternyata terjadi setelah zawal maka sudah dianggap. artinya sudah dihitung sebagai shalat ied dan shalat itu menjadi shalat ied yang qadha...
(nihayatul muhtaj)
>> Sunde Pati
1. ويسن قضاؤها إن فاتت لانه يسن قضاء النفل المؤقت إن خرج وقته.
dan disunnahka n mengqodlo' sholat ied jika waktunya udah lewat karena menqodlo' sholat sunnah yg punya waktu saat waktunya kluar/ udah lewat itu sunnah
ianatut tholbin juz 1 hal 302
2.
قوله ( وإن مات ) قال في العباب ويعق عمن مات بعد السابع وأمكن الذبح لا قبل السابع أو التمكن من الذبح قال الشارح في شرحه على ما اقتضاه كلام الروضة وأصلها واعتمده في الكفاية لكن المجزوم به في المجموع أنه يعق عنه وإن مات قبل السابع وقول الأذرعييبع د ندبها عمن مات عقب الولادة أو قبل السبع ولعل ما في المجموع سبق قلم من بعد إلى قبل اه ليس في محله إذ سبق القلم لا يقدم عليه بالترجي وإنما غاية الأمر أن في المسألة خلافا فأجري في الروضة على وجه منه وجرى عليه في المجموع هنا لكنه في آخر الباب جرى على مقابلة فقال لو مات المولود قبل السابع استحبت العقيقة عندنا خلافا للحسن ومالك فقوله عندنا في مقابلة هذين الإمامين صريح في أن هذا هو المذهب انتهى اه سم عبارة المغني والأسنى والنهاية ويسن أن يعق عمن مات قبل السابع وبعد التمكن من الذبح
hawasyi assyarwani juz 9 hal 370
>> Masaji Antoro
Wa'alaikum salam Wr Wb
Ada sumbangan jawaban :
1. Pendapat yang SHAHIH pada Madzhab Syafi’i sunnah diqadha
(فرع)في مذاهب العلماء إذا فاتت صلاة العيد * قد ذكرنا ان الصحيح من مذهبنا انها يستحب قضاؤها ابدا وحكاه ابن المنذر عن مالك وابي ثور وحكى العبدرى عن مالك وابي حنيفة والمزني وداود انها لا تقضي وقال أبو يوسف ومحمد تقضى صلاة الفطر في اليوم الثاني والاضحى في الثاني والثالث وقال اصحاب ابي حنيفة مذهبه كمذهبهما وإذا صلاها من فاتته مع الامام في وقتها أو بعده صلاها ركعتين كصلاة الامام وبه قال أبو ثور وهو رواية عن احمد وعنه رواية يصليها أربعا بتسليمة وان شاء بتسليمتين وبه جزم الخرقي والثالثة مخير بين ركعتين واربع وهو مذهب الثوري وقال ابن مسعود يصليها اربعا وقال الاوزاعي ركعتين بلا جهر ولا تكبيرات زوائد وقال اسحق ان صلاها في المصلى فكصلاة الامام والااربعا
SUB BAHASAN
Pendapat-p endapat ulama diberbagai madzhab bila shalat i’ed telah terlewat
Kami sebutkan bahwa yang shahih dimadzhab Syafi’i sesungguhn ya shalat ied tersebut sunnah diqadha ‘selamanya ’.
Ibn Mundzir menhikayah kan pendapat dari Imam Malik dan Abu Tsaur, al-‘Abdari menhikayah kan pendapat dari Imam Malik, Abu Hanifah, al-Mazani dan Daud “Sesungguh nya shalat ied tersebut tidak dapat diqadha”.
Abu Yusuf dan Muhammad menilai “Untuk shalat Ied Fitri diqadha dihari kedua sedang shalat Ied al-Adha diqadha dihari kedua dan ketiga”.
Pendapat yang berkembang pada para Pengikut-p engikut Abu Hanifah sebagaiman a madzhab dua madzhab tersebut “Bila shalat Ied terlewatka n dikerjakan bersama Imam pada waktunya atau pada setelah waktunya maka jalanilah shalat dua rakaat shalat sebagaiman a shalat Imam”, pendapat ini senada dengan Abu Tsaur dan juga salah satu riwayat pendapat dari Imam Ahmad Bin Hanbal yang riwayat kedua dari pendapatny a sebagaiman a yang dimantapi oleh Al-Kharraq y “Jalanilah shalat empat rakaat dengan sekali salam atau dua kali salam”, sedang riwayat yang ketiga dari Imam Ahmad yang merupakan madzhab dari at-Tsauri menyatakan “Baginya diperkenan kan memilih dua atau empat rakaat”.
Ibn Mas’ud memilih “Kerjakanl ah shalat empat rakaat”Al- Auzaa’i menyatakan “Dua rakaat dengan bacaan yang tidak keras dan tanpa takbir-tak bir tambahan”I mam Ishaq berkata “Bila dikerjakan dimushalla maka sebagaiman a shalat ied yang dikerjakan oleh imam (dua rakaat), namun bila tidak maka empat rakaat”.
al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzd zab V/29
2. http:// www.piss-kt b.com/ 2012/03/ 129-aqiqoh- aqiqoh-bay i-yang-lah ir.html
Link Asal >>
http:// www.faceboo k.com/ groups/ piss.ktb/ 42749949060 6198/
Cindy CahGanjen II
Assalamu'a
ada pertanyaan
1.apa hukum'y qodlo shalat eid..?!
2.gmna hukum'y mengaqiqah
Atas jwban'y sya ucapkan terimakasi
JAWABAN :
>> Hakam Ahmed ElChudrie
( وَلَا يُكَبِّرُ فِي قَضَاءِ صَلَاةِ الْعِيدِ ) ؛ لِأَنَّ التَّكْبِي
وَأَمَّا كَوْنُ آخِرِ وَقْتِهَا الزَّوَالَ
( قَوْلُهُ : لَكِنْ لَوْ وَقَعَتْ بَعْدَهُ حُسِبَتْ ) أَيْ اُعْتُدَّ بِهَا وَكَانَتْ قَضَاءًنها
adapun adanya akhir waktu bagi shalat ied pada saat zawal adalah sudah menjadi kesepakata
(nihayatul
>> Sunde Pati
1. ويسن قضاؤها إن فاتت لانه يسن قضاء النفل المؤقت إن خرج وقته.
dan disunnahka
ianatut tholbin juz 1 hal 302
2.
قوله ( وإن مات ) قال في العباب ويعق عمن مات بعد السابع وأمكن الذبح لا قبل السابع أو التمكن من الذبح قال الشارح في شرحه على ما اقتضاه كلام الروضة وأصلها واعتمده في الكفاية لكن المجزوم به في المجموع أنه يعق عنه وإن مات قبل السابع وقول الأذرعييبع
hawasyi assyarwani
>> Masaji Antoro
Wa'alaikum
Ada sumbangan jawaban :
1. Pendapat yang SHAHIH pada Madzhab Syafi’i sunnah diqadha
(فرع)في مذاهب العلماء إذا فاتت صلاة العيد * قد ذكرنا ان الصحيح من مذهبنا انها يستحب قضاؤها ابدا وحكاه ابن المنذر عن مالك وابي ثور وحكى العبدرى عن مالك وابي حنيفة والمزني وداود انها لا تقضي وقال أبو يوسف ومحمد تقضى صلاة الفطر في اليوم الثاني والاضحى في الثاني والثالث وقال اصحاب ابي حنيفة مذهبه كمذهبهما وإذا صلاها من فاتته مع الامام في وقتها أو بعده صلاها ركعتين كصلاة الامام وبه قال أبو ثور وهو رواية عن احمد وعنه رواية يصليها أربعا بتسليمة وان شاء بتسليمتين وبه جزم الخرقي والثالثة مخير بين ركعتين واربع وهو مذهب الثوري وقال ابن مسعود يصليها اربعا وقال الاوزاعي ركعتين بلا جهر ولا تكبيرات زوائد وقال اسحق ان صلاها في المصلى فكصلاة الامام والااربعا
SUB BAHASAN
Pendapat-p
Kami sebutkan bahwa yang shahih dimadzhab Syafi’i sesungguhn
Ibn Mundzir menhikayah
Abu Yusuf dan Muhammad menilai “Untuk shalat Ied Fitri diqadha dihari kedua sedang shalat Ied al-Adha diqadha dihari kedua dan ketiga”.
Pendapat yang berkembang
Ibn Mas’ud memilih “Kerjakanl
al-Majmuu’
2. http://
Link Asal >>
http://
Advertisemen