-->

Labels

BAB AIB-AIB NIKAH

Advertisemen

BAB AIB-AIB NIKAH
Kemudian mushannif beranjak menjelaskan tentang aib-aib nikah yang menetapkan hak
khiyar di dalam nikah. Beliau berkata,
ﺛُﻢَّ ﺷَﺮَﻉَ ﻓِﻲْ ﻋُﻴُﻮْﺏِ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﺍﻟْﻤُﺜْﺒِﺘَﺔِ ﻟِﻠْﺨِﻴَﺎﺭِ ﻓِﻴْﻪِ ﻓَﻘَﺎﻝَ
Aib-Aib Istri
Seorang wanita, maksudnya seorang istri berhak untuk dipulangkan ke keluarganya sebab lima aib.
‏( ﻭَﺗُﺮَﺩُّ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔُ ‏( ﺑِﺨَﻤْﺴَﺔِ ﻋُﻴُﻮْﺏٍ ‏)
Yang pertama sebab gila, baik gilanya terus menerus atau terputus, bisa diobati ataupun tidak.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ‏( ﺑِﺎﻟْﺠُﻨُﻮْﻥِ ‏) ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺃَﻃْﺒَﻖَ ﺃَﻭْ ﺗَﻘَﻄَّﻊَ ﻗَﺒِﻞَ ﺍﻟْﻌِﻠَﺎﺝَ ﺃَﻭْ ﻟَﺎ
Mengecualikan penyakit epilepsi, maka tidak ada hak
khiyar merusak nikah sebab penyakit tersebut walaupun tidak bisa disembuhkan, hal ini berbeda dengan pendapat imam al Mutawwalli.
ﻓَﺨَﺮَﺝَ ﺍﻟْﺈِﻏْﻤَﺎﺀُ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺜْﺒُﺖُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺨِﻴَﺎﺭُ ﻓِﻲْ ﻓَﺴْﺦِ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﻭَﻟَﻮْ ﺩَﺍﻡَ ﺧِﻠَﺎﻓًﺎ ﻟِﻠْﻤُﺘَﻮَﻟِّﻲِّ .
Yang kedua sebab wujudnya judzam , dengan menggunakan huruf dzal yang diberi titik satu di atas.
‏( ﻭَ ‏) ﺛَﺎﻧِﻴْﻬَﺎ ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟْﺠُﺬَﺍﻡِ ‏) ﺑِﺬَﺍﻝٍ ﻣُﻌْﺠَﻤَﺔٍ
Judzam adalah penyakit yang membuat anggota badan berwarna merah, lalu menghitam, kemudian terputus-putus dan rontok.
ﻭَﻫُﻮَ ﻋِﻠَّﺔٌ ﻳَﺤْﻤَﺮُّ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮُ ﺛُﻢَّ ﻳَﺴْﻮَﺩُّ ﺛُﻢَّ ﻳَﺘَﻘَﻄَّﻊُ ﺛُﻢَّ ﻳَﺘَﻨَﺎﺛَﺮُ
Yang ketiga sebab wujudnya barash.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟْﺒَﺮَﺹِ ‏)
Barash adalah warna putih pada kulit yang bisa menghilangkan darah yang terdapat pada kulit dan daging yang berada di bawahnya.
ﻭَﻫُﻮَ ﺑَﻴَﺎﺽٌ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺠِﻠْﺪِ ﻳُﺬْﻫِﺐُ ﺩَﻡَّ ﺍﻟْﺠِﻠْﺪِ ﻭَﻣَﺎ ﺗَﺤْﺘَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠَّﺤْﻢِ
Sehingga mengecualikan panu. Yaitu penyakit yang merubah warna kulit namun tidak sampai menghilangkan darahnya, sehingga tidak ada hak khiyar sebab panu.
ﻓَﺨَﺮَﺝَ ﺍﻟْﺒَﻬْﻖُ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺎ ﻳُﻐَﻴِّﺮُ ﺍﻟْﺠِﻠْﺪَ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺇِﺫْﻫَﺎﺏِ ﺩَﻣِّﻪِ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺜْﺒُﺖُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺨِﻴَﺎﺭُ
Yang ke empat sebab wujudnya rataq .
Rataq adalah tersumbatnya tempat jima’ sebab tumbuhnya daging di bagian tersebut.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟﺮَّﺗَﻖِ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻧْﺴِﺪَﺍﺩُ ﻣَﺤَﻞِّ ﺍﻟْﺠِﻤَﺎﻉِ ﺑِﻠَﺤْﻢٍ
Yang ke lima sebab wujudnya qarn . Qarn adalah tersumbatnya bagian tempat jima’ sebab tulang yang tumbuh di bagian tersebut.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟْﻘَﺮْﻥِ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻧْﺴِﺪَﺍﺩُ ﻣَﺤَﻞِّ ﺍﻟْﺠِﻤَﺎﻉِ ﺑِﻌَﻈْﻢٍ
Hal-hal selain aib-aib ini seperti bau mulut dan bau badan, maka tidak bisa menetapkan hak
khiyar untuk merusah nikah.
ﻭَﻣَﺎ ﻋَﺪَﺍ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻌُﻴُﻮْﺏَ ﻛَﺎﻟْﺒُﺨْﺮِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻨَﺎﻥِ ﻟَﺎ ﻳَﺜْﺒُﺖُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺨِﻴَﺎﺭُ .
Aib-Aib Suami
Seorang laki-laki, maksudnya seorang suami juga berhak dipulangkan sebab memiliki lima aib.
‏( ﻭَﻳُﺮَﺩُّ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ‏) ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ‏( ﺑِﺨَﻤْﺴَﺔِ ﻋُﻴُﻮْﺏٍ
Yaitu sebab gila,
judzam dan barash. Makna semuanya telah dijelaskan.
ﺑِﺎﻟْﺠُﻨُﻮْﻥِ ﻭَﺍﻟْﺠُﺬَﺍﻡِ ﻭَﺍﻟْﺒَﺮَﺹِ ‏) ﻭَﺳَﺒَﻖَ ﻣَﻌْﻨَﺎﻫَﺎ
Dan sebab wujudnya
jabb . Jabb adalah terputusnya penis seluruhnya atau sebagian saja dan yang tersisa tidak sampai seukuran
hasyafah.
‏( ﻭَ ‏) ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟْﺠَﺐِّ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﻗَﻄْﻊُ ﺍﻟﺬَّﻛَﺮِ ﻛُﻠِّﻪِ ﺃَﻭْ ﺑَﻌْﻀِﻪِ ﻭَﺍﻟْﺒَﺎﻗِﻲْ ﻣِﻨْﻪُ ﺩُﻭْﻥَ ﺍﻟْﺤَﺸَﻔَﺔِ
Jika yang tersisa seukuran hasyafah atau lebih, maka tidak ada hak khiyar .
ﻓَﺈِﻥْ ﺑَﻘِﻲَ ﻗَﺪْﺭُﻫَﺎ ﻓَﺄَﻛْﺜَﺮَ ﻓَﻠَﺎ ﺧِﻴَﺎﺭَ
Dan sebab wujudnya
‘unnah . ‘unnah , dengan terbaca dlammah huruf ‘ainnya, adalah ketidakmampuan seorang suami untuk melakukan jima’ di bagian vagina istrinya karena kekuatan kejantanannya hilang sebab lemahnya birahi di dalam hatinya atau lemah alat vitalnya.
‏( ﻭَ ‏) ﺑِﻮُﺟُﻮْﺩِ ‏( ﺍﻟْﻌُﻨَّﺔِ ‏) ﻭَﻫِﻲَ ﺑِﻀَﻢِّ ﺍﻟْﻌَﻴْﻦِ ﻋَﺠْﺰُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻮَﻁْﺀِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻘُﺒُﻞِ ﻟِﺴُﻘُﻮْﻁِ ﺍﻟْﻘُﻮَّﺓِ ﺍﻟﻨَّﺎﺷِﺮَﺓِ ﻟِﻀُﻌْﻒٍ ﻓِﻲ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﺃَﻭْ ﺁﻟَﺘِﻪِ
Di dalam aib-aib tersebut disyaratkan harus melapor pada seorang qadli.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻌُﻴُﻮْﺏِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮْﺭَﺓِ ﺍﻟﺮَّﻓْﻊُ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻘَﺎﺿِﻲْ
Bagi pasangan suami istri tidak boleh melakukan fasakh nikah sebab aib-aib tersebut dengan dasar saling rela sebagaimana indikasi dari keterangan imam al Mawardi dan yang lain. Akan tetapi dhahir nasnya imam asy Syafi’i bertentangan dengan keterangan al Mawardi.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻨْﻔَﺮِﺩُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺎﻥِ ﺑِﺎﻟﺘَّﺮَﺍﺿِﻲْ ﺑِﺎﻟْﻔَﺴْﺦِ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﻘْﺘَﻀِﻴْﻪُ ﻛَﻠَﺎﻡُ ﺍﻟْﻤَﺎﻭَﺭْﺩِﻱُّ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻟَﻜِﻦْ ﻇَﺎﻫِﺮُ ﺍﻟﻨَّﺺِّ ﺧِﻠَﺎﻓُﻪُ
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Tanya Jawab Islam - All Rights Reserved - Template By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger