BAB MAS KAWIN
(Fasal) menjelaskan hukum-hukum mas kawin.
( ﻓَﺼْﻞُ ) ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ﺍﻟﺼَّﺪَﺍﻕِ
Lafadz “shadaq” dengan terbaca fathah huruf shadnya adalah bacaan yang lebih fasih daripada dibaca kasrah, dan dicetak dari lafadz “ash shadq” dengan terbaca fathah huruf shadnya. Dan ash shadq adalah nama sesuatu yang sangat keras.
ﻭَﻫُﻮَ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺍﻟﺼَّﺎﺩِ ﺃَﻓْﺼَﺢُ ﻣِﻦْ ﻛَﺴْﺮِﻫَﺎ ﻣُﺸْﺘَﻖٌّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺪْﻕِ ﺑِﻔَﺘْﺢِ ﺍﻟﺼَّﺎﺩِ ﻭُﻫَﻮَ ﺍﺳْﻢٌ ﻟِﺸَﺪِﻳْﺪِ ﺍﻟﺼُّﻠْﺐِ
Dan secara syara’, shadaq adalah nama harta yang wajib diberikan oleh seorang laki-laki sebab nikah, wathi’ syubhat atau meninggal dunia.
ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺍﺳْﻢٌ ﻟِﻤَﺎﻝٍ ﻭَﺍﺟِﺐٍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺑِﻨِﻜَﺎﺡٍ ﺃَﻭْ ﻭَﻁْﺀِ ﺷُﺒْﻬَﺔٍ ﺃَﻭْ ﻣَﻮْﺕٍ
Disunnahkan menyebutkan mas kawin di dalam akad nikah, walaupun pernikahan seorang budaknya majikan dengan budak wanitanya majikan tersebut.
( ﻭَﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﺗَﺴْﻤِﻴَّﺔُ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮِ ) ﻓِﻲْ ﻋَﻘْﺪِ ( ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ) ﻭَﻟَﻮْ ﻓِﻲْ ﻧِﻜَﺎﺡِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺪِ ﺃَﻣَّﺘَﻪُ
Sudah dianggap cukup menyebutkan mas kawin berupa apapun, akan tetapi disunnahkan mas kawinnya tidak kurang dari sepuluh dirham dan tidak lebih dari lima ratus dirham murni.
ﻭَﻳَﻜْﻔِﻲْ ﺗَﺴْﻤِﻴَّﺔُ ﺃَﻱِّ ﺷَﻴْﺊٍ ﻛَﺎﻥَ ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﻳُﺴَﻦُّ ﻋَﺪَﻡُ ﺍﻟﻨَّﻘْﺺِ ﻋَﻦْ ﻋَﺸْﺮَﺓِ ﺩَﺭَﺍﻫِﻢَ ﻭَﻋَﺪَﻡُ ﺍﻟﺰِّﻳَﺎﺩَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻤْﺲِ ﻣِﺎﺋَﺔِ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ ﺧَﺎﻟِﺼَﺔٍ
Dengan ungkapannya, “disunnahkan”, mushannif memberikan isyarah bahwa boleh melakukan akad nikah tanpa menyebutkan mas kawin, dan hukumnya memang demikian.
ﻭَﺃَﺷْﻌَﺮَ ﺑِﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻳُﺴْﺘَﺤَﺐُّ ﺑِﺠَﻮَﺍﺯِ ﺇِﺧْﻠَﺎﺀِ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮِ ﻭَﻫُﻮَ ﻛَﺬَﻟِﻚَ
At Tafwidl (Memasrahkan)
Sehingga, jika di dalam akad nikah tidak disebutkan mas kawinnya, maka hukum akad nikah tersebut sah. Dan inilah yang dimaksud dengan at tafwidl
(memasrahkan).
( ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳُﺴَﻢَّ ) ﻓِﻲْ ﻋَﻘْﺪِ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ﻣَﻬْﺮٌ ( ﺻَﺢَّ ﺍﻟْﻌَﻘْﺪُ ) ﻭَﻫَﺬَﺍ ﻣَﻌْﻨَﻰ ﺍﻟﺘَّﻔْﻮِﻳْﺾِ
Tafwidl adakalanya dari mempelai wanita yang sudah baligh dan rasyid, seperti ucapan wanita tersebut pada walinya,
“nikahkanlah aku dengan tanpa mas kawin”, atau “dengan tanpa mas kawin yang akan aku miliki” , kemudian sang wali menikahkannya dan mentiadakan mas kawin atau diam tidak mengucapkan mas kawin.
ﻭَﻳَﺼْﺪُﺭُ ﺗَﺎﺭَﺓً ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺍﻟْﺒَﺎﻟِﻐَﺔِ ﺍﻟﺮَّﺷِﻴْﺪَﺓِ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻬَﺎ ﻟِﻮَﻟِﻴِّﻬَﺎ ﺯَﻭِّﺟْﻨِﻲْ ﺑِﻠَﺎ ﻣَﻬْﺮٍ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻣَﻬْﺮَ ﻟِﻲْ ﻓَﻴُﺰَﻭِّﺟُﻬَﺎ ﺍﻟْﻮَﻟِﻲُّ ﻭَﻳُﻨْﻔِﻲْ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮَ ﺃَﻭْ ﻳَﺴْﻜُﺖُ ﻋَﻨْﻪُ
Begitu juga seandainya majikan budak wanita berkata pada seseorang, “aku nikahkan engkau dengan budak wanitaku”, dan sang majikan mentiadakan mas kawin atau diam tidak menyebutkannya.
ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻟَﻮْ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻴِّﺪُ ﺍﻟْﺄَﻣَّﺔِ ﻟِﺸَﺨْﺺٍ ﺯَﻭَّﺟْﺘُﻚَ ﺃَﻣَّﺘِﻲْ ﻭَﻧَﻔَﻰ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮَ ﺃَﻭْ ﺳَﻜَﺖَ .
Konsekwensi Tafwidl
Ketika tafwidl telah sah, maka mas kawin menjadi wajib / tetap dalam permasalahan ini sebab tiga perkara.
( ﻭَ ) ﺇِﺫَﺍ ﺻَﺢَّ ﺍﻟﺘَّﻔْﻮِﻳْﺾُ ( ﻭَﺟَﺐَ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮُ ) ﻓِﻴْﻪِ ( ﺑِﺜَﻠَﺎﺛَﺔِ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ )
Tiga perkara tersebut adalah sang suami memastikan mas kawin yang akan ia berikan dan sang istri setuju dengan mas kawin yang telah ditetapkan oleh sang suami.
ﻭَﻫِﻲَ ( ﺃَﻥْ ﻳُﻔَﺮِّﺿَﻪُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ) ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﺗَﺮْﺿَﻰ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔُ ﺑِﻤَﺎ ﻓَﺮَّﺿَﻪُ
Atau seorang hakim memastikan mas kawin yang dibebankan terhadap sang suami. Dan yang dipastikan oleh seorang hakim pada sang suami adalah
mahar mitsil .
( ﺃَﻭْ ﻳُﻔَﺮِّﺿُﻪُ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢُ ) ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﻭَﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟْﻤَﻔْﺮُﻭْﺽُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣَﻬْﺮَ ﺍﻟْﻤِﺜْﻞِ
Dan disyaratkan hakim harus mengetahui ukuran
mahar mitsil tersebut.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﻋِﻠْﻢُ ﺍﻟْﻘَﺎﺿِﻲْ ﺑِﻘَﺪْﺭِﻩِ
Tidak disyaratkan adanya persetujuan dari kedua mempelai terhadap apa yang telah ditentukan oleh seorang hakim.
ﺃَﻣَّﺎ ﺭِﺿَﺎ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﻴْﻦِ ﺑِﻤَﺎ ﻳُﻔَﺮِّﺿُﻪُ ﻓَﻠَﺎ ﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ
Atau sang suami telah menjima’ sang istri, maksudnya istri yang telah tafwidl sebelum ada ketentuan dari sang suami tersebut atau seorang hakim. Sehingga bagi sang istri berhak memiliki
mahar mitsil sebab jima’ tersebut.
( ﺃَﻭْ ﻳَﺪْﺧُﻞَ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝُ ( ﺑِﻬَﺎ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﺔِ ﺍﻟْﻤُﻔَﻮِّﺿَﺔِ ﻗَﺒْﻞَ ﻓَﺮْﺽٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﺤَﺎﻛِﻢِ
( ﻓَﻴَﺠِﺐُ ) ﻟَﻬَﺎ ( ﻣَﻬْﺮُ ﺍﻟْﻤِﺜْﻞِ ) ﺑِﻨَﻔْﺲِ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ
Mahar mitsil yang dijadikan ukuran adalah mahar mitsil saat akad nikah menurut pendapat al ashah.
ﻭَﻳُﻌْﺘَﺒَﺮُ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮُ ﺑِﺤَﺎﻝِ ﺍﻟْﻌَﻘْﺪِ ﻓِﻲِ ﺍﻟْﺄَﺻَﺢِّ
Jika salah satu dari suami istri meninggal dunia sebelum ada kepastian ukuran mas kawinnya dan sebelum terjadi jima’, maka sang suami wajib memberikan
mahar mitsli menurut pendapat al adlhar.
ﻭَﺇِﻥْ ﻣَﺎﺕَ ﺃَﺣَﺪُ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﻴْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﻓَﺮْﺽٍ ﻭَﻭَﻁْﺀٍ ﻭَﺟَﺐَ ﻣَﻬْﺮُ ﻣِﺜْﻞٍ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺄَﻇْﻬَﺮِ
Yang dikehendaki dengan mahar mitsil adalah ukuran mas kawin yang disetujui / disukai oleh wanita yang selevel dengan istri tersebut secara adatnya.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﻤَﻬْﺮِ ﺍﻟْﻤِﺜْﻞِ ﻗَﺪْﺭُ ﻣَﺎ ﻳُﺮْﻏَﺐُ ﺑِﻪِ ﻓِﻲْ ﻣِﺜْﻠِﻬَﺎ ﻋَﺎﺩَﺓً
Ukuran Mas Kawin
Tidak ada batasan tertentu di dalam ukuran minimal mas kawin. Dan juga tidak ada batasan tertentu di dalam ukuran maksimal mas kawin.
( ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻟِﺄَﻗَﻞِّ ﺍﻟﺼَّﺪَﺍﻕِ ) ﺣَﺪٌّ ﻣُﻌَﻴَّﻦٌ ﻓِﻲْ ﻗِﻠَّﺔٍ ( ﻭَﻟَﺎ ﺃَﻛْﺜَﺮِﻩِ ﺣَﺪٌّ ) ﻣُﻌَﻴَّﻦٌ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻜَﺜْﺮَﺓِ
Bahkan batasan dalam hal itu adalah, sesungguhnya setiap sesuatu yang sah dijadikan sebagai
tsaman , baik berupa benda atau manfaat, maka sah dijadikan sebagai mas kawin.
ﺑَﻞِ ﺍﻟﻀَّﺎﺑِﻂُ ﻓِﻲْ ﺫَﻟِﻚَ ﺃَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﺷَﻴْﺊٍ ﺻَﺢَّ ﺟَﻌْﻠُﻪُ ﺛَﻤَﻨًﺎ ﻣِﻦْ ﻋَﻴْﻦٍ ﺃَﻭْ ﻣَﻨْﻔَﻌَﺔٍ ﺻَﺢَّ ﺟَﻌْﻠُﻪُ ﺻَﺪَﺍﻗًﺎ
Namun telah dijelaskan bahwa sesungguhnya mas kawin yang disunnahkan adalah tidak kurang dari sepuluh dirham dan tidak lebih dari lima ratus dirham.
ﻭَﺳَﺒَﻖَ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺤَﺐَّ ﻋَﺪَﻡُ ﺍﻟﻨَّﻘْﺺِ ﻋَﻦْ ﻋَﺸْﺮَﺓِ ﺩَﺭَﺍﻫِﻢَ ﻭَﻋَﺪَﻡُ ﺍﻟﺰِّﻳَﺎﺩَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻤْﺲِ ﻣِﺎﺋَﺔِ ﺩِﺭْﻫَﻢٍ
Bagi seorang laki-laki diperkenankan menikahi seorang wanita dengan mas kawin berupa manfaat yang diketahui/maklum, seperti mengajari Al Qur’an pada wanita tersebut.
( ﻭَﻳَﺠُﻮْﺯُ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﺰَﻭَّﺟَﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻨْﻔَﻌَﺔٍ ﻣَﻌْﻠُﻮْﻣَﺔٍ ) ﻛَﺘَﻌْﻠِﻴْﻤِﻬَﺎ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ
Hukum Mas Kawin
Separuh dari mas kawin menjadi gugur sebab terjadi talak sebelum melakukan jima’.
( ﻭَﻳَﺴْﻘُﻂُ ﺑِﺎﻟﻄَّﻠَﺎﻕِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﻧِﺼْﻒُ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮِ )
Sedangkan talak yang terjadi setelah jima’ walaupun satu kali saja, maka seluruh mas kawin berhak diberikan pada sang istri, walaupun jima’ yang dilakukan hukumnya haram seperti sang suami menjima’ istrinya saat sang istri melakukan ihram atau saat haidl.
ﺃَﻣَّﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﻭَﻟَﻮْ ﻣَﺮَّﺓً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﻛُﻞُّ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮِ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝُ ﺣَﺮَﺍﻣًﺎ ﻛَﻮَﻁْﺀِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺯَﻭْﺟَﺘَﻪُ ﺣَﺎﻝَ ﺇِﺣْﺮَﺍﻣِﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﺣَﻴْﻀِﻬَﺎ
Sebagaimana keterangan didepan bahwa seluruh mas kawin wajib diberikan pada sang istri sebab salah satu dari suami istri meninggal dunia. Dan mas kawin belum wajib sebab telah berduaan dengan sang istri menurut qaul jadid.
ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻛُﻞُّ ﺍﻟْﻤَﻬْﺮِ ﻛَﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ﺑِﻤَﻮْﺕِ ﺃَﺣَﺪِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﻴْﻦِ ﻟَﺎ ﺑِﺨَﻠْﻮَﺓِ ﺍﻟﺰَّﻭْﺝِ ﺑِﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺠَﺪِﻳْﺪِ
Ketika seorang istri yang merdeka bunuh diri sebelum sang suami berhubungan intim dengannya, maka mas kawin wanita tersebut tidak gugur.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻗَﺘَﻠَﺖِ ﺍﻟْﺤُﺮَّﺓُ ﻧَﻔْﺴَﻬَﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﺑِﻬَﺎ ﻟَﺎ ﻳَﺴْﻘُﻂُ ﻣَﻬْﺮُﻫَﺎ
Berbeda dengan permasalahan ketika seorang istri budak wanita yang melakukan bunuh diri atau dibunuh oleh majikannya sendiri sebelum sang suami melakukan jima’ dengannya, maka sesungguhnya mas kawinnya menjadi gugur.
ﺑِﺨِﻠَﺎﻑِ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻗَﺘَﻠَﺖِ ﺍﻟْﺄَﻣَّﺔُ ﻧَﻔْﺴَﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﻗَﺘَﻠَﻬَﺎ ﺳَﻴِّﺪُﻫَﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﺴْﻘُﻂُ ﻣَﻬْﺮُﻫَﺎ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
BAB MAS KAWIN
Advertisemen
Advertisemen